Kemendikbud Resmikan Bantuan Kuota Belajar, Nadiem Makarim Sebut Ada 4 Mekanisme Penyiapan Data Awal

PIKIRAN RAKYAT – Kasus Covid-19 terus meningkat di Indonesia, berbagai upaya pun dilakukan Pemerintah untuk menekan penyebaran pandemi ini.

Para pelajar pun melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) untuk menekan penyebaran pandemi di klaster pendidikan.

Pelaksanaan PJJ yang dilakukan secara daring (online) menjadikan banyak pendidik maupun pelajar yang mengalami kesusahan mengakses internet.

Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Pemerintah akan memberikan bantuan kepada bidang pendidikan untuk melancarkan penerapan PJJ ini.

Kemendikbud akan memberikan Kuota Belajar bagi peserta didik maupun pendidik di jenjang PAUD hingga sekolah menengah. Dosen dan mahasiswa pun turut mendapatkan bantuan tersebut.

Bantuan tersebut berupa kuota internet yang diberikan sesuai dengan kategori jenjang pendidikan mulai 20 GB hingga 50 GB.

Para penerima bantuan pun harus memenuhi syarat dengan salah satunya memiliki nomor ponsel yang aktif.

Menteri Kebudayaan dan Pendidikan (Mendikbud) Nadiem Makarim menjelaskan mengenai mekanisme penyiapan data awal untuk verifikasi dan validasi data nomor ponsel.

Pertama pendataan nomor ponsel oleh operator satuan pendidikan pada aplikasi dapodik dan untuk Universitas dapat melalui PD Dikti yang dilakukan oleh masing-masing satuan pendidikan.

“Langkah kedua adalah melakukan verifikasi dan validasi nomor ponsel oleh operator seluler,” ujar Nadiem.

“Hal ini memastikan, apakah nomor ini aktif, atau tidak aktif, atau tidak ditemukan,” tambahnya.

Ketiga, pimpinan satuan pendidikan menunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

“Jadinya poin yang penting di sini adalah semua pimpinan satuan pendidikan yaitu kepala sekolah pimpinan universitas adalah penanggung jawab untuk akurasi dari pada nomor-nomor tersebut,” jelas Nadiem.

Keempat, operator melakukan pemutakhiran nomor ponsel yang berubah, tidak aktif, dan tidak ditemukan, lalu langsung mengirim kuotanya kepada penerima.***

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-01771501/kemendikbud-resmikan-bantuan-kuota-belajar-nadiem-makarim-sebut-ada-4-mekanisme-penyiapan-data-awal?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.